Jumat, 07 September 2012

Karakter guru yang diinginkan siswa agar mampu belajar dengan senang antara lain:


Di sudut sekolah seorang siswa SD kelas V duduk di atas batu taman, termenung sedih meratapi nasib dirinya. Memori demi memori diaksesnya perjalanan setiap pembelajaran di kelasnya menjadi file-file yang sulit untuk dihapus. Rasa takut dan tertekan menggeluti perasaan saat gurunya berada di kelas. Bentakan, cacian, jeweran sering menimpa teman-temanya yang mendapat nilai jelek, melakukan kesalahan, maupun  tidak mampu menjawab soal. Lebih-lebih dirinya yang telah mendapat julukan dari gurunya “Si Anak Bodoh”. Kelas menjadi sepi bisu seolah tak ada kehidupan, kelas seakan turut berbela sungkawa.
Tak terasa melelehlah air mata membasahi kedua pipinya. Dalam hati Si Bocah kecil itu berdoa, “Ya Allah Ya Tuhanku, turunkanlah seorang guru untukku yang mampu tersenyum dalam kelas. Yang selalu ramah dalam menyapa dan bersikap. Yang mengajarku dengan bahasa cinta dan penuh kasih. Yang mengajarku tidak hanya dengan mulut serta mampu mengantarku ke puncak tujuan pembelajaran.”

Belajar dari siswa
Untuk mempelajari karakter seorang guru, kita tidak perlu jauh-jauh mencari guru besar. Lalu siapa guru kita? Jawabnya adalah siswa. Belajarlah dari siswa tentang karakter guru yang mampu membuat mereka belajar. Sadarlah para guru, janganlah merasa hebat dan tak ada duanya di hadapan para siswa. Ingat … mereka itu calon presiden, calon menteri, calon dokter, calon profesor, calon pemimpin, dan sejuta calon lainnya. Kita tetap guru dan guru tak akan memiliki makna tanpa kehadiran siswa. Malukah kita belajar dari siswa? Guru yang demokrasi pasti akan menjawab, “Tidak……!”
Bagaimana karakter guru?
Karakter guru yang diinginkan siswa agar mampu belajar dengan senang antara lain:
1. Murah senyum
Senyum merupakan bahasa yang mudah dicerna oleh anak-anak. Guru tersenyum murid bangga. Guru tersenyum murid senang. Guru tersenyum beban siswa hilang. Jika kondisi sudah seperti itu barulah guru dengan mudah mengeksplorasi semua potensi siswa. Namun untuk tersenyum di dalam kelas merupakan hal yang sangat berat. Guru perlu mencoba terus sehingga menjadi sebuah kebiasaan.
2. Ramah
Sapalah siswa anda dengan ramah. Bersikaplah terhadap siswa dengan ramah, berarti anda sudah menggunakan metode guru ramah. Dengan dilayani seorang guru yang ramah, siswa merasa dihargai dan diperhatikan. Jadikan pembelajaran anda sebagai “surga belajar “ baik di dalam maupun di luar kelas.
3. Menerima siswa sebagai manusia
Banyak guru yang menganggap siswanya adalah malaikat ataupun dewa yang tidak boleh salah, tidak boleh lupa, tidak boleh keliru dan sebagainya. Mengapa guru lupa bahwa siswanya itu adalah manusia? Inilah yang membuat siswa tersiksa dan tertekan. Terbelenggu di dalam pembelajaran yang dibatasi oleh empat dinding pembatas. Sebagai manusia tentu siswa mempunyai sifat-sifat manusiawi. Untuk itu para guru sudah selayaknya menyajikan pembelajaran untuk siswa dengan memanusiakan mereka serta melayani mereka secara manusiawi.
4. Melayani siswa dengan hati
Siswa yang kita hadapi mampu membedakan dilayani dengan hati atau setengah hati oleh guru mereka. Mereka memerlukan kasih sayang dalam pembelajaran. Seorang guru yang melayani dengan hati, siswa akan merasa nyaman dan damai saat pembelajaran. Sehingga proses belajar akan mengalir seperti arus sungai.
Demikianlah karakter dasar yang perlu menghiasi sikap seorang guru di saat melayani siswa dalam menyajikan sebuah pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas. Sehingga terjadi proses surga belajar yang mana guru sebagai nahkoda mengantarkan para siswanya menuju ke pulau tujuan pembelajaran. Siswa akan secara otomatis menyayangi dan menghormati gurunya dengan sepenuh hati. Kewibawaan seorang guru akan terbangun kokoh berlandaskan kasih sayang para siswanya. Andalah guru hebat di mata para siswa yang mampu menjadi inspirasi bagi mereka serta dikenang sepanjang hayat. Sukses untuk guru! (Dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Stocks of herbal drink wedang uwuh / wedang larahan are again available ........ The blend consists of: Dried ginger, secang bark, cinnamo...