Senin, 08 Oktober 2012

SILIH BERGANTINYA MUSIM



SILIH BERGANTINYA MUSIM

4mevsimMusim merupakan hasil sebuah fakta bahwasanya bumi tidak berputar terhadap porosnya pada kecepatan yang sama dengan kecepatan yang diperlukan bumi untuk berevolusi terhadap matahari. Ini, tentu saja, merupakan perwujudan dari keteraturan yang sempurna yang diciptakan oleh Allah SWT. Apabila Allah SWT berkehendak, musim dingin dapat saja berlangsung selama 365 hari dalam setahun, namun dalam kondisi seperti itu, kita tidak akan menemukan bentuk kehidupan yang lain. Dengan menciptakan empat musim, Allah SWT menganugerahkan kepada umat manusia berbagai macam bentuk keberkahan dari-Nya.

Allah SWT telah menciptakan musim sepanjang sejarah manusia, sejak dahulu hingga sekarang. Dan hingga saat ini Allah SWT masih terus menciptakannya. Semua orang mengharapkan musim panas setelah musim semi, dan tak seorangpun ragu atas hal tersebut, dan sudah sepatutnya datang musim panas setelah musim semi. Namun, jika Allah SWT berkehendak lain, mungkin saja tidak pernah ada musim panas di bumi. Fakta tersebut dimaksudkan agar orang-orang yang hidup berdasarkan Al-Qur'an harus mencerminkan rasa syukur yang mendalam atas keberkahan yang telah Allah SWT anugerahkan tersebut.

Setiap musim memiliki banyak keberkahannya sendiri-sendiri. Keberkahan musim panas adalah bunga yang bermekaran, buah-buahan dengan warna yang segar dan menggiurkan, kehangatan sinar matahari serta keindahan laut. Allah SWT menganugerahkan rahmat-Nya kepada kita dengan menjamin keberlangsungan keberkahan yang Allah SWT anugerahkan tersebut. Dalam salah satu ayat Al-Qur’an, Allah berfirman :

 
“Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi, pergantian malam dan siang, kapal yang berlayar di laut dengan (muatan) yang bermanfaat bagi manusia, apa yang diturunkan Allah dari langit berupa air, lalu dengan itu dihidupkan-Nya bumi setelah mati (kering), dan Dia tebarkan di dalamnya bermacam-macam binatang, dan perkisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi, (semua itu) sungguh merupakan tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang mengerti.” (Al Baqarah (2) : 164)

DETIL YANG MENGEJUTKAN DARI MAKHLUK HIDUP YANG MAMPU MENANGKAP LISTRIK

kopekbaligiMakhluk hidup memancarkan listrik dan juga panas. Mungkin sulit bagimu untuk merasakan listrik ini, karena udara menjadi penyekatnya. Sebuah pengantar lingkungan dan alat khusus diperlukan disini untuk bisa merasakan listrik. Air, pengantar alamiah dan beberapa makhluk yang hidup di air dan menggunakan aliran listrik pada tubuhnya adalah contoh dari ini. Makhluk hidup yang bisa mendeteksi listrik di dalam air bertingkah sesuai dengan sensasinya memiliki perasa yang sangat efektif.

Contohnya, hiu bisa mendeteksi semua getaran dalam air, perubahan pada suhu air dan kadar garam, dan menit perubahan pada listrik di susun oleh organisme yang bergerak. Tambahan lagi, jumlah besar dari rongga gel-filled  (Lorenzini ampules) adalah pendeteksi listrik yang sempurna. Bersamaan dengan sinar yang keras mereka menggunakan detektor ini untuk memburu mangsanya dan bisa menangkap arus yang paling kecil sebesar 20 milyar satu volt nya, kemampuan yang sangat indah. bayangkan batere rata-rata di setiap rumah, hiu mampu untuk mendeteksi arus yang dipancarkan hanya oleh dua batere 1.5 volt jauh dari dasar laut dari jarak 3,000 km jauhnya (1,864 mil)
Faktanya, hewan ini telah dilengkapi oleh sistem khusus, yang sangat cocok bagi lingkungannya dan sangat penting untuk bertahan hidup. Ini hanya mampu terjadi dari izin kekuatan yang Mahakuasa yang menciptakannya. yang mengetahui kebutuhan dan habitatnya, dan yang Kuasalah yang menciptakan semua ini. kekuatan yang tak terbatas hanya milik ALLAH, Mahakuasa dan Mahatahu :
(Hud berkata) Sesungguhnya aku bertawakal kepada ALLAH Tuhan-ku dan Tuhan-mu. Tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) melainkan Dia-lah yang Memegang ubun-ubunnya (menguasainya). Sungguh, Tuhan-ku di jalan yang lurus (adil) (Surah Hud :56)
 

LEBAH MADU


LEBAH MADU
PEMBUAT SARANG
YANG SEMPURNA




  
HARUN YAHYA

Gadis Ini Lebih Jenius dari Einstein dan Hawking


LONDON, KOMPAS.com — Seorang siswi sekolah berusia 12 tahun berhasil diterima di Mensa, sebuah organisasi internasional untuk orang-orang ber-IQ tinggi, setelah diketahui bahwa siswi ini lebih jenius dibandingkan dengan Albert Einstein dan Stephen Hawking.

Siswi itu bernama Olivia Manning, dari Liverpool, yang memiliki IQ 162, jauh di atas rata-rata IQ orang biasa yang hanya 100.

Angka intelijensia Olivia tak hanya berada di atas fisikawan Albert Einstein atau Stephen Hawking. Dengan IQ 162, Olivia menjadi bagian dari 1 persen orang paling pintar di dunia.

Jumat, 05 Oktober 2012


Mata Pelajaran untuk SD di Kurikulum Baru 2013

Rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengubah kurikulum KTSP 2006 dengan kurikulum baru yang akan mulai berlaku 2013 sudah bisa dipastikan akan benar terjadi. Kurikulum pendidikan nasional yang saat ini masih digodok dan jadwalnya akan Februari 2013 nanti terjadi penyederhanaan jumlah mata pelajaran.

Kurikulum pendidikan nasional dengan konsep penyederhanaan jumlah mata pelajaran terus digodok bersama tim dari pemerintah pusat dan sejumlah pakar pendidikan. Hampir dipastikan untuk siswa sekolah dasar (SD) hanya akan ada 7 mata pelajaran dari 11 mata pelajaran sebelumnya diajarkan di bangku sekolah dasar.

Minggu, 16 September 2012

HeadlineINILAH.COM, Jakarta - Penyelenggara pendidikan, baik yayasan, rektor maupun pimpinan sekolah bisa dijerat dengan pasal korupsi. Karena mereka menerima bantuan negara. Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan, para pahlawan tanpa tanda jasa itu harus waspada dan berhati-hati. "Penyelenggara pendidikan sekarang harus hati-hati, karena mereka dapat dianggap korupsi, sebab mereka mendapatkan bantuan negara, baik dana, sarana, maupun tenaga pendidik," kata Mahfud dalam kuliah umum di Universitas Sunan Giri (Unsuri), Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (15/9/2012). Mahfud menjelaskan, yayasan dengan rektor atau kepala sekolah sering mengalami konflik akibat masalah manajerial di antara keduanya. Ia mencontohkan, sebuah universitas di Salatiga, Jateng dan di Jakarta merupakan nama universitas terkenal yang akhirnya "tenggelam" akibat pilar-pilar akademik yang dikembangkan mengalami "gangguan" manajerial antara yayasan dengan rektorat. "Itu (konflik) umumnya karena uang, karena itu sebuah lembaga pendidikan seperti Unsuri seharusnya membangun institusionalisasi untuk memperjelas tugas yayasan, dewan pembina, rektor, dekanat, dan seterusnya," jelasnya. Menurut dia, institusionalisasi itu memposisikan yayasan pada urusan non-akademik, sedangkan rektor hanya mengurus masalah akademik, sehingga lembaga pendidikan akan maju secara fisik dan nonfisik, karena rektorat mengembangkan masalah akademik, sedangkan yayasan mengembangkan fasilitas. "Untuk masalah akademik, perguruan tinggi dapat dikatakan maju bila mengembangkan tiga pilar yakni norma akademik, tradisi akademik, dan kegiatan penunjang akademik," kata Mahfud. [Ant/mes]

Jumat, 14 September 2012

Wali kota termuda di dunia, Bashaer Othman, berkunjung ke Indonesia. Kehadiran remaja muslimah dari Palestina itu menjadi perhatian tersendiri di gedung parlemen, Jakarta,
Kamis (13/9). Pasalnya, di usianya yang baru 15 tahun ia sudah menjadi wali kota di kota Allar, Tepi Barat Palestina. Didampingi duta besar Palestina untuk RI Faris Mehdawi, Bashaer menemui Ketua DPD Irman Gusman. Kehadiran Bashaer di Indonesia adalah untuk memberikan semangat kepada remaja Indonesia agar lebih peduli pada kepentingan bangsa. “Selama ini anak muda terkesan hanya bisa apatis dan cenderung mencemooh,” kata Bashaer yang telah diterjemahkan oleh Ketua World Peace Movement Sofia Koswara. Menurut Bashaer, semangat itu penting demi memacu generasi muda agar berkontribusi untuk kepentingan bangsa. Kontribusi itu tidak harus seperti apa yang dilakukannya saat ini, tetapi ia bisa dilakukan dalam berbagai bentuk dan cara. Bashaer juga menyemangati para remaja Indonesia bahwa kesungguhan mereka tak akan sia-sia. Cita-cita mereka bisa menjadi nyata, asalkan sungguh-sungguh mencapainya. “Sesuatu yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh pasti tercapai,” tegas Bashaer. Ketua DPD Irman Gusman memberikan apresiasi positif atas kunjungan Bashaer. Irman berharap Bashaer bisa menjadi inspirasi bagi remaja Indonesia. “Dia sosok yang menginspirasi agar generasi muda lebih peduli pada kepentingan bangsa,” ujar Irman. Bashaer menjadi wali kota Allar selama dua bulan, sejak 2 Juli hingga 2 September 2012. Mulanya, Bashaer menantang wali kota Sufian Shadid untuk memberinya kesempatan menjadi pemimpin daerah selama sepekan. Sufian mendengar tantangan Bashaer. Ia bahkan memberinya kesempatan selama dua bulan untuk menjadi wali kota, dengan supervise langsung dari Sufian. Selain Bashaer, sejumlah remaja Palestina lainnya juga menjalani program yang sama. Saat ini pemerintah Palestina tengah gencar memberdayakan generasi muda untuk kepentingan bangsa. [IK/JP/bsb]

Rabu, 12 September 2012

UNIBRAW MASUK KATEGORI

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak tujuh perguruan tinggi negeri Indonesia masuk dalam daftar Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings Tahun 2012. Di urutan pertama adalah Universitas Indonesia (UI) yang berada di peringkat 273.



Selanjutnya Universitas Gadjah Mada (#401-450), Institut Teknologi Bandung (#451-500), Universitas Airlangga (#601+), Institut Pertanian Bogor (#601+), Universitas Diponegoro (#601+), dan Universitas Brawijaya (#601+).

Jumat, 07 September 2012

Karakter guru yang diinginkan siswa agar mampu belajar dengan senang antara lain:


Di sudut sekolah seorang siswa SD kelas V duduk di atas batu taman, termenung sedih meratapi nasib dirinya. Memori demi memori diaksesnya perjalanan setiap pembelajaran di kelasnya menjadi file-file yang sulit untuk dihapus. Rasa takut dan tertekan menggeluti perasaan saat gurunya berada di kelas. Bentakan, cacian, jeweran sering menimpa teman-temanya yang mendapat nilai jelek, melakukan kesalahan, maupun  tidak mampu menjawab soal. Lebih-lebih dirinya yang telah mendapat julukan dari gurunya “Si Anak Bodoh”. Kelas menjadi sepi bisu seolah tak ada kehidupan, kelas seakan turut berbela sungkawa.
Tak terasa melelehlah air mata membasahi kedua pipinya. Dalam hati Si Bocah kecil itu berdoa, “Ya Allah Ya Tuhanku, turunkanlah seorang guru untukku yang mampu tersenyum dalam kelas. Yang selalu ramah dalam menyapa dan bersikap. Yang mengajarku dengan bahasa cinta dan penuh kasih. Yang mengajarku tidak hanya dengan mulut serta mampu mengantarku ke puncak tujuan pembelajaran.”

KARAKTER ANAK


BAB I

PENDAHULUAN





BAB I

PENDAHULUAN





A. Latar belakang masalah

Ada beberapa karakteristik anak di usia Sekolah Dasar yang perlu diketahui para guru, agar lebih mengetahui keadaan peserta didik khususnya ditingkat Sekolah Dasar(SD). Seorang guru harus dapat menerapkan metode pengajaran yang sesuai dengan keadaan siswanya, maka sangat penting bagi seorang pendidik mengetahui karakteristik siswanya. Selain karakteristik yang perlu diperhatikan juga adalah kebutuhan peserta didik. pemahaman terhadap karakteristik peserta didik dan tugas-tugas perkembangan anak SD dapat dijadikan titik awal untuk menentukan tujuan pendidikan di SD, dan untuk menentukan waktu yang tepat dalam memberikan pendidikan sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak itu sendiri. Secara ideal, dalam rangka pencapaian perkembangan diri siswa, sekolah dan guru seyogiyanya dapat menyediakan dan memenuhi berbagai kebutuhan siswanya dalam rangka pencapaian perkembangan diri sisw. Sepeti Pemenuhan Kebutuhan Fisiologis, Pemenuhan Kebutuhan Rasa Aman, Pemenuhan Kebutuhan Kasih Sayang atau Penerimaan, Pemenuhan Kebutuhan Harga Diri , Pemenuhan Kebutuhan Akatualisasi Diri.

Stocks of herbal drink wedang uwuh / wedang larahan are again available ........ The blend consists of: Dried ginger, secang bark, cinnamo...